Daftar 4 Wisata Gua Terpopuler di Pontianak

Rental mobil pontianak Sebagaimana provinsi lain yang ada di Indonesia, Kalamantan Barat juga terkenal memiliki berbagai destinasi wisata yang mempesona. Salah satunya yaitu wisata yang ada di pontianak yang menyimpan berbagai sejarah adat dan budaya.

 

Tapi tahukan anda kalau selain itu di Kalimantan Barat juga memiliki destinasi wisata lain yang eksotik untuk anda kunjungi? Salah satunya yaitu wisata di dalam gua. Untuk anda para traveller pecinta tantangan, sepertinya anda harus mencoba untuk berkunjung ke gua-gua yang ada di kalimantan barat ini. Dan untuk dapat menjangkau tempat-tempat wisata tersebut anda bisa memilih sewa mobil di pontianaksebagai alat transportasi yang memudahkan.

Langsung saja, berikut ini akan kami sajikan beberapa daftar gua yang bisa anda kunjungi saat datang ke Pontianak.

Daftar 4 Gua Terpopuler yang Ada di Kalimantan Barat
1. Gua Romo

Gua romo atau biasa juga disebut dengan Gua Kelelawar, merupakan gua yang berada di Kecamatan Sanggau Ledo kabupaten bengkayang, kalimantan barat. Gua ini disebut sebagai gua kelelawar karena adanya ribuan kelelawar dan juga burung walet yang hidup sebagai fauna endemik di tempat ini. Gua romo ini merupakan objek wisata alam yang masih belum tersentuh pembangunan dan sudah ada selama ribuan tahun dengan banyak sekali kisah sejarah yang ada di baliknya.

Meski pun terkesan kurang terawat, gua romo ini masih sangat alami dengan dinding-dinding gua yang dihiasi akar pepohonan yang tumbuh di atas gua yang membentuk pola dan relief yang menakjubkan.

Selain itu, gua romo ini juga menyimpan daya tarik lain dengan pemandangannya eksotik, yaitu sumber mata air berbentuk seperti kolam yang ada di dalam Gua. Dimana sumber mata air tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mandi dan menyegarkan badan karena airnya sangat dingin dan segar.

Dan jika anda berjalan lebih jauh ke dalam gua, anda juga akan menemukan mulut gua yang terendam air. Dimana jika anda berani untuk masuk melalui air tersebut, maka anda akan menemui ruang gua besar yang tidak terlihat dari pintu masuk gua.

Dan bagi anda yang berminat untuk datang ke gua ini, anda sebaiknya menyiapkan alat transportasi sendiri agar lebih cepat, tapi jika anda tidak memilikinya anda bisa menggunakan sewa mobil pontianak
. Dan pastikan hanya memilih sewa mobil pontianak
yang terpercaya, yang mana salah satunya adalah jaya rentcar. Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke websitenya di http://www.jayarayarentcar.com.

Dengan kendaraan pribadi anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari pontianak ke bengkayang. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan dengan penyewaan mobil pontianak sekitar 1 sampai 1,5 jam dengan jarak 45 km ke simpang AURI, dan baru kemudian masuk ke arah Desa Romo. Dari jalan raya menuju desa romo, gua tersebut dapat anda tempuh dengan berjalan kaki sekitar 400 m jauhnya.

2. Gua Maria

Gua maria merupakan salah satu tempat wisata sekaligus juga tempat beribadah bagi umat kristiani. Gua maria banyak tersebar ini di seluruh Indonesia. Dan di Kalimantan Barat sendiri ada sekitar lebih dari 10 Gua maria yang terkenal dan sering dikunjung, terutama oleh umat Katolik.

Diantarnya gua maria yang ada di kalimantan barat yaitu Gua Maria di St. Christophorus Sungai Pinyuh, Gua Maria Anjongan, dan Gua Maria Bernadetha Toho. Banyak umat katolik yang datang ke gua ini dengan maksud dan tujuan untuk mencari bimbingan spiritual, mengajukan permohonan, mengucapkan syukur atau pun rekreasi keagamaan.

Namun, kebanyakan Gua Maria yang ada di Kalimantan Barat merupakan gua buatan yang dibentuk dengan sedemikian rupa, tapi ada juga yang memang merupakan gua asli.

3. Gua Sanjan

Gua sajan merupakan gua yang berada di sebelah kanan air terjuan Banangar di Dusun Perbuak Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Gua ini memiliki keunikan yang berbeda dari gua-gua lain yang ada di Kalimantan Barat. Karena jika anda berkunjung ke tempat ini, untuk dapat masuk ke gua anda harus melewati lorong gua dengan jalan tiarap, kemudian jalan jongkok, baru setelah itu anda dapat berdiri.

Dan sebelum memasuki gua, anda terlebih dahulu harus mengikat badan anda dengan tali yang ujungnya diikatkan pada pohon atau batu yang ada di luar gua. Hal ini dilakuakn agar anda tidak tersesat dan dapat menemukan jalan pulang, karena di dalam gua ini terdapat banyak lorong persimpangan. Dan bila tidak hati-hati, bisa dipastikan anda akan kesulitan kembali ke tempat semula.

4. Gua lawang kuari

Gua lawang kuari merupakan gua yang berada di Dusun Kelilit, Desa seberang kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten sekadau, Kalimantan Barat. Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, gua lawang kuari memiliki 3 lubang gua. Di mana ketiga lubang gua tersebut dimiliki oleh 3 suku yang berbeda.

Lubang yang pertama berada di sebelah kanan yaitu bagian hilir Sungai Kapuas dan dimiliki oleh suku Dayak, lubang gua yang kedua berada di bagian tengah dan dimiliki oleh suku Senganan atau Melayu, sementara lubang yang terakhir berada di sebelah kiri yaitu bagian hulu Sungai Kapuas dan dimiliki oleh suku Tionghoa.

Menurut cerita, dulunya masing-masing gua tersebut sering ditempati oleh raja-raja di Sekadau sebagai tempat untuk bertapa. Dan Konon katanya, lorong yang ada pada ketiga lubang gua ini memiliki panjang yang mampu menembus sampai ke kota Tayan yang berada di kabupaten Sanggau.

Lubang yang ada di mulut gua Lawang Kuari ini sendiri sebenarnya berukuran sangat kecil untuk bisa dimasuki seorang manusia dewasa. Namun, meskipun begitu masyarakat sekitar memiliki kepercayaan bahwa beberapa orang yang terpilih tetap dapat masuk ke dalam lubang gua tersebut. Dan bagi orang yang berhasil merangkak masuk hingga ke dalam gua ini, dipercaya bahwa orang tersebut akan bisa mendapatkan banyak kekayaan yang ada di dalam gua lawang kuari ini.

Dan selain itu, menurut cerita yang ada, sekitar pada tahun 1997 gua ini masih berbentuk hutan lebat, dan dijadikan sebagai area tempat bersemedi oleh masyarakat, untuk meminta kekayaan pada para dewa.

Benar atau tidak cerita tersebut, itu terserah anda. Karena gua lawang kuari memang banyak menyimpan cerita sejarah yang mendasarinya. Dan bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke gua lawang kuari, sebaiknya anda menyewa sebuah motor boat yang ada di dermaga penyeberangan di kabupaten Sekadau. Karena lokasi tempat gua ini berada sekitar 1 km jauhnya dari pusat kota Sekadau yang dapat anda ditempuh selama kurang lebih 15 menit perjalanan air.
Demikianlah 4 daftar gua terpopuler yang ada di provinsi kalimantan barat yang bisa anda jadikan sebagai tujuan destinasi wisata eksotik saat berkunjung ke daerah pontianak dan sekitarnya. Dan sekali lagi sebagai saran, untuk mempermudah transportasi wisata anda, anda sebaiknya penyewaan Mobil pontianak di tempat penyewaan Mobil pontianak dari pada harus menggunakan transportasi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *