Makanan Khas Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

 

 

Rental mobil pontianak -Pontianak tidak hanya terkenal dengan cerita hantunya saja. Kota yang dilalui garis khatulistiwa ini juga memiliki kuliner yang khas yang tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa makanan khas Pontianak ini hanya terdapat di kota ini saja, artinya akan sangat susah mencari jajanan tersebut jika berada di luar kota Pontianak. Perlu Anda ketahui bahwa cita rasa beberapa makanan Pontianak juga sangat unik dan berbeda dengan kota-kota lainnya. Langsung saja simak makanan khas Pontianak berikut ini.

Jajanan Khas Pontianak yang Tidak Bikin Kenyang

Namanya juga jajanan, pastinya tidak akan membuat Anda kenyang karena hanya berupa makanan ringan. Ada beberapa jajanan lezat khas Pontianak yang wajib Anda coba. Berikut adalah lima jajanan lezat Pontianak.

1. Pengkang

Sekilas, jajanan yang satu ini mirip lemper. Pengkas dibuat dari bahan beras ketan putih yang dibungkus menggunakan daun pisang. Jika lemper dibungkus dengan bentuk lonjong, pengkang dibungkus dengan model kerucut. Isiannya pun beda. Pengkang diisi dengan ebi sehingga rasanya lebih lezat. Cara masaknya pun unik, yaitu dimasukkan ke dalam bambu, kemudian dibakar.

Jajanan lezat ini dipastikan hanya ada di Pontianak. Pengkang biasanya disantap dengan sambal kerang atau sambal kepah. Jajanan khas ini banyak terdapat di daerah pesisir.

2. Chai Kwe

Jajanan yang satu ini memiliki banyak nama. Chai kwe nama untuk bahasa tio chiu dan Choi Pan adalah nama untuk bahasa hakka. Kue ini lebih gampangnya disebut sebagai kue sayur. Chai kue dibuat dari bahan tepung ketan yang dicampur dengan sagu. Di dalamnya diisi beberapa sayuran seperti bengkuang, rebung, kucai, dan kacang hijau yang telah dicacah dan ditumis. Adonan kulitnya dibentuk mirip dim sum. Chai Kwe disajikan bersama saus bawang putih atau saus cabe. Jajanan lezat ini banyak dijual pedagang kaki lima.

3. Pisang Kremes Pontianak

Makanan ringan yang satu ini memiliki rasa gurih-gurih manis. Pisang Kremes Pontianak berbeda dengan pisang-pisang pada umumnya. Pisang yang digoreng dibentuk membulat dengan balutan tepung kering gurih yang terbuat dari tepung terigu. Saat dimakan, pisang kremes Pontianak ini memiliki sensasi kriuk-kriuk yang pecah dimulut. Di Pontianak, Pisang Kremes ini disajikan dengan susu kental manis atau selai sarikaya sehingga membuat rasanya lebih lezat.

 

 

4. Es Krim Petrus

Makanan ringan ini hampir disukai oleh semua orang Pontianak. Es Krim Petrus merupakan es krim home made yang terletak di Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Memiliki nama Petrus karena dijual tepat di depan sekolah Santo Petrus. Es krim ini memiliki tekstur yang lembut dengan banyak varian rasa, di antaranya vanilla, cokelat, strawberry, durian, cempedak, hingga nangka. Penyajian es krim ini pun sangat unik. Pembeli bisa memilih apakah ingin disajikan di dalam cup, di atas roti, atau di dalam batok kelapa muda. Pengunjung pun bisa memilih toping, di antaranya agar-agar, cincau hitam, kacang merah, atau cokelar cair.

5. Lek Tau Suan

Jajanan khas Pontianak yang terakhir bernama Lek Tau Suan yang merupakan bubur kacang hijau yang dimakan dengan cakwe goreng. Bagi orang awam, panganan yang satu ini mungkin sedikit aneh. Akan tetapi, perpaduan dua makanan ini ternyata sangat lezat dan bisa bikin ketagihan. Anda tidak boleh melewatkannya ketika berkunjung di Pontianak.

Lima makanan khas tersebut tidak bisa dinikmati sekaligus dalam satu tempat. Lokasi penjualan makanan khas di atas tentunya berbeda-beda. Untuk mempermudah akses pada wisata kuliner Anda, kami sarankan untuk memilih Rental mobil pontianak. Selain lebih memudahkan Anda, sewa mobil di pontianak untuk berkeliling Pontianak juga lebih nyaman.

Makanan Lezat Khas Pontianak

Setelah membahas beberapa jajanan khas di Pontianak, sekarang saatnya untuk mengupas tuntas beberapa makanan lezat khas Kota Khatulistiwa ini. Ingat, siapkan juga sedikit dana untuk memakai sewa mobil pontianak agar semua tempat kuliner di bawah ini bisa Anda kunjungi. Simak informasi lengkap makanan khas Pontianak berikut ini.

 

1. Bubur Pedas

Bubur khas Pontianak ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Cita rasa yang khas didapat dari proses pengolahan bubur. Bubur dibuat dari bahas beras yang ditumbuk halus kemudian ditumis dan diberi aneka resep rahasia. Setelah beras ditumis dengan aneka bumbu tersebut, beras kemudian direbus ke dalam air mendidih sampai teksturnya halus. Proses pengolahan yang berbeda ini akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Bubur pedas ini memiliki rasa pedas yang mantap. Biasanya, bubur ini disajikan dengan daun pakis, kangkung, jagung, kentang, dan daun kunyit. Bahan pelengkap lainnya adalah kacang tanah goreng, kerupuk, kecap, bawang goreng, dan perasan air jeruk.

2. Sotong Pangkong

Sotong adalah cumi yang telah dikeringkan dan dimasak dengan cara dipanggang. Setelah selesai dipanggang, sotong kemudian dipangkong atau dipukul-pukul supaya dagingnya empuk. Sotong pangkong biasanya dimakan dengan nasi. Pendamping sotong pangkong adalah kuah sambal kacang atau kuah asam manis pedas. Bagi Anda yang baru pertama kali mencicipi masakan ini, teksturnya mungkin sedikit alot, tetapi rasanya dijamin lezat.

3. Bakmi Kepiting

Bakmi kepiting menjadi salah satu kuliner terfavorit di Pontianak. Mie yang digunakan berukuran kecil-kecil dengan tekstur yang kenyal. Penyajiannya menggunakan kepiting suwir, ebi, dan bakso ikan. Ketika ingin mengonsumsi bakmi kepiting ini, Anda harus tanyakan dulu apakah bakmi tersebut halal atau tidak. Sebagian besar bakmi kepiting direbus menggunakan minyak babi dan ada juga yang disajikan dengan daging babi sehingga harus dikonfirmasi dulu kehalalannya.

4. Sagu Gunting

Sagu gunting sekilas terlihat mirip seperti es cendol. Sagu gunting ini memiliki nama lain su fun tiao. Sagu gunting berbahan dasar sagu. Makanan khas Pontianak ini disajikan dengan kuah santan dan juga gula aren. Rasanya sangat menyegarkan dan cukup membuat kenyang. Anda bisa menyantap makanan ini ketika siang hari.

5. Burung Punai

Apakah Anda pecinta makanan yang berbahan dasar unggas? Di Pontianak, ada kuliner khas yang diolah dari burung Punai. Apa itu burung punai? Burung ini merupakan burung yang masih sejenis dengan merpati. Burung Punai berwarna hijau dengan paruh yang kemerahan. Burung ini cukup banyak ditemukan di Pontianak dan Mempawah.

Burung Punai diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Tekstur burung punai goreng atau bakar sangat lembut. Rasanya juga sangat gurih. Burung Punai biasanya disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan bawang goreng.

Untuk bisa mencicipi semua kuliner khas Pontianak di atas, Anda harus punya akses transportasi yang fleksible. Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan Rental mobil di pontianak. Ada banyak perusahaan rental mobil di Kota ini. Anda tinggal memilih salah satu yang menurut Anda terpercaya dengan pelayanan yang memuaskan.

Agar tidak salah pilih Rental mobil pontianak, Anda bisa penyewaan mobil pontianak di Jaya Raya Rent Car. Pelayanan dari perusahaan rental ini sangat memuaskan. Anda bisa melihat informasi selengkapnya di situs www.jayarayarentcar.com.

Demikian adalah informasi lengkap terkait jajanan dan makanan khas Pontianak. Berwisata kuliner di Pontianak memang sangat mengasyikkan apalagi jika Anda menggunakan penyewaan Mobil pontianak. Akses ke mana pun bisa lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *